Sunday, September 3, 2017

Warna-Warni Al-Quran (Episode 3 : Nama)

Oleh : Andy Hariyono Lc. M.Ag*

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan pembuka ini biasanya digunakan untuk mengawali sebuah perkenalan yang dimulai dengan pertanyaan “siapa nama anda?

Nama merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, karena tanpanya mustahil ada yang namanya perkenalan. Dalam Al-Quran tepatnya di surat Al-Baqarah Allah pertamakali mengajarkan kepada nabi Adam a.s. aneka nama sebagai bentuk perkenalan dalam hidupnya, sehingga ia mampu menyebutkan sesuatu yang tidak diketahui oleh para malaikat. Bahkan Nabi saw pernah bersabda yang berkaitan dengan pentingnya sebuah nama, seperti hadits riwayat muslim berikut, “Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-namamu”.

Nama pertama kitab suci ini adalah Al-Quran, karena memang nama ini paling popular di antara nama-nama Al-Quran yang lain. bahkan tidak ada satu kitab pun dari agama samawi yang dinamai Al-Quran selain kitab suci yang dimiliki oleh umat saiduna Muhammad SAW. Penamaan selain Al-Quran dilihat dari sisi keistimewaan ataupun tujuan dari Al-Quran itu sendiri. Berikut nama-nama lain dari Al-Quran.

1)      Al-Kitab. Kitab dalam bahasa arab maknanya adalah himpunan, tulisan dalam bahasa arab dinamai kitabah karena di dalamnya terhimpun huruf-huruf. Al-Quran dinamai Al-Kitab karena di dalamnya terhimpun aneka kisah, hukum, berita dan lain sebagainya dalam satu kesatuan khusus. Dr. Muhammad Darraz mengatakan bahwa penamaan Al-Quran dan Al-Kitab merupakan isyarat bahwa penjagaan Al-Quran tidak cukup sebatas hapalan melainkan juga harus melalui tulisan yang terwakili dengan nama Al-Kitab. Sehingga dapat diketahui bahwa hapalan seorang hafdiz tidaklah benar melainan sesuai dengan apa yang telah dituliskan oleh para sahabat, dan dinukil dari generasi ke generasi. Begitupula dengan sebalikinya, tidaklah dapat dipercaya tulisan Al-Quran melainkan sesuai dengan hapalan bersanad mutawatir.

2)  An Nūr (Cahaya), penamaan ini mengisyaratkan bahwa Al-Quran adalah cahaya yang menyingkap segala kebenaran sehingga kita mengetahui beragam tuntunan Allah swt seperti halal dan haram dalam kehidupan.

3)      Al-Furqān (Pembeda), penamaan ini mengisyaratkan bahwa Al-Quran adalah pembeda antara kebenaran dan kebatilan, iman dan kufur, halal dan haram, baik dan buruk, dan seterus. Sehingga jika dalam kehidupan ini seseorang hendak mengetahui bacaan apakah yang dapat membedakan kebeneran dan kesesatan, maka Al-Furqān adalah jawabannya.

4)    Adz Zikru (Peringatan), penamaan ini mengisyaratkan bahwa Al-Quran banyak terkandung peringatan-peringatan Tuhan terhadap manusia. 

5)  Al-Huda (Petunjuk), penamaan ini sesuai dengan fungsinya sebagai petunjuk untuk seluruh manusia.



 WA : 081275776491

No comments: