Wednesday, September 6, 2017

Warna-Warni Al-Quran (Episode 5 : Pertama dan Terakhir)

Oleh : Andy Hariyono, Lc. M.Ag*

Al-Quran terdiri lebih dari enam ribu ayat, dan ianya turun secara berangsur-angsur sebagaiana penulis sampaikan di tulisan-tulisan sebelumnya. Bisa jadi timbul pertanyaan dari berangsurnya turun ayat-ayat Al-Quran itu, misalnya, apa ayat yang pertama kali turun? Atau manakah dari ayat-ayat Al-Quran yang kali terakhir turun?

Dulu, ketika penulis masih di bangku sekolah dasar kelas 6, terdapat pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam buku tersebut diuraikan beberapa ayat yang pertama dan terkahir turun. Paling tidak seingat penulis, buku tersebut menerangkan bahwa ayat yang maknanya, hari ini kusempurnakan untukmu agamamu dan seterusnya (QS. Al-Maidah [5]: 3) adalah ayat yang terakhir turun, namun setelah beberapa literature penulis lalui, terdapat uraian yang berbeda yang menguatkan bahwa ayat tersebut bukanlah ayat yang turun terakhir kali. 

Berbicara mengenai yang pertama kali maupun yang terakhir kali turun dari ayat Al-Quran tentu bukan berdasarkan ijtihad siapa pun, melainkan berdasarkan riwayat yang keabsahan riwayatnya tidak diragukan lagi. Berikut adalah sedikit daftar mengenai yang pertama dan terakhir turun dari ayat-ayat Al-Quran.

1.        QS. Al-Alaq [96]: 1—5 adalah ayat yang pertama kali turun di antara Ayat-ayat-Al-Quran yang lain.

2.       QS. Al-Baqarah [2]: 281 adalah ayat yang terakhir kali turun di antara ayat-ayat Al-Quran yang lainnya, terdapat riwayat bahwa Rasulullah SAW wafat 8 malam setelah turunnya ayat tersebut.

3.       QS. Al-Fatihah adalah surat yang pertama kali turun secara keseluruhan.

4.       QS. Al-Haj [22]:39—41 adalah ayat yang pertama kali turun yang berkaitan dengan syariat jihad, tepatnya tahun kedua setelah hijrah.

5.       QS. Al-Baqarah [2]: 219 adalah ayat yang pertama kali turun berkaitan dengan keharaman Khamar.

6.       QS. Ali Imran [3]: 195 adalah ayat terakhir yang turun berkaitan dengan penyebutan kata perempuan dalam Al-Quran.

7.       QS. An-NIsa [4]: 176 adalah ayat yang terakhir kali turun berikaitan dengan warisan.

8.       QS. An Nashr adalah surat yang terakhir kali turun secara keseluruhan.

Mengetahui ayat manakah yang turun lebih dulu atau yang turun belakangan memiliki pengaruh terhadap penafsiran Al-Quran, khususnya ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum. Diantara manfaatnya adalah;

1.       Mengetahui ayat manakah yang telah dihapus hukumnya dan diganti dengan hukum pada ayat yang baru. Pembahasa seperti ini dalam kajian Al-Quran dinamakan Nasekh dan Mansukh. Biasanya kasus seperti ini terjadi ketika ada beragam ayat yang berbicara mengenai tema yang sama.

2.       Mengetahui sejarah kebertahapan hukum dalam Islam (Manahilu’l ‘Irfan).

*Penulis adalah Guru Ngaji dan Pengajar Tafsir di Griya Quran Al-Madani Bukit Siguntang.
Webblog: www.go-cathar.blogspot.co.id

No comments: