Wednesday, March 6, 2013

(Diantara) Keteguhan Imam Ahmad


Imam Sya'rani dalam Al-Mizan vol.1 hlm. 55 menggambarkan keteguhan Imam Ahmad bin Hambal dalam mengamalkan Sunah. Berikut petikannya.

Imam Ahmad tidak pernah memakan "Al-Battikh" (Buah Semangka) semasa hidupnya. Ketika ditanya kenapa, Imam Ahmad berkata; "Karena belum sampai (hadits) kepadaku bagaimana Rasulullah Saw memakannya (semangka itu)"

Pernah ketika terjadi fitnah "Al-Quran"Imam Ahmad berdiam diri (bersembunyi) selama tiga hari, padahal banyak yang mencarinya untuk dimintai pendapat. Setelah hari ketiga sang Imam pun keluar dari kediamannya, dan berkata; "Sungguh Rasulullah Saw tidak pernah menyediri di gua di saat bersembunyi dari orang-orang kafir lebih dari tiga hari"

Abdullah, anak dari Imam Ahmad, pernah bertanya kepada ayahnya mengenai seseorang di suatu negeri yang di sana hanya ada orang yang tahu hadits namun tidak mengetahui Sahih dan Tidaknya hadits itu, dan Pemikir (Shohibul Ra'yi). Siapakah diantara mereka berdua yang harus ditanya mengenai Agama? Jawab Imam Ahmad: Tanyakan (persoalan agama) kepada orang yang tahu hadits dan jangan tanyakan kepada kepada Pemikir itu.

"Hadits Dloi'f (Lemah) lebih aku cintai daripada pendapat seseorang".

No comments: